Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Nasib Livina Jadi Saudara Xpander, Jualan Sedikit Sudah Kena Recall

Nissan Livina
Sumber :

100kpj – All New Nissan Livina yang diluncurkan di Tanah Air pada 2019 merupakan produk pertama aliansi Mitsubishi dan Nissan secara global. Livina menggunakan platform Xpander dan diproduksi di pabrik Mitsubishi Bekasi, Jawa Barat.

Sebagai identitas brand, hanya desain eksterior dbuat berbeda antara Livina dan Xpander. Spesifikasi keseluruhan mulai dari fitur hingga mesin sama. Maka saat Xpander mengalami masalah tentu Livina baru juga mengalami hal serupa.

Baca juga: Mitsubishi Panggil Semua Pemilik Xpander Datang ke Bengkel, Ada Apa

Seperti yang terjadi saat ini, di mana pompa bahan bakar atau fuel pump Xpander terjadi kerusakan. Sehingga bukan hanya Mitsubishi yang menarik unitnya tangan konsumen, namun Nissan juga ikut menggelar kampanye perbaikan.

All New Nissan Livina

Artinya cukup mengenaskan untuk nasib Livina. Mengingat secara penjualan mobil Low Multi Purpose Vehicle Nissan itu juga tidak sebanyak saudara kandungnya. Hal itu terlihat dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Berdasarkan data Gaikindo, penjualan Livina baru dari pabrik ke diler Maret sampai Desember 2019 hanya 8.609 unit. Sedangkan Xpander di tahun lalu terjual 59.879 unit, terpaut jauh meski kedua mobil Low MPV itu memiliki spesifikasi yang sama.

Berita Terkait
hitlog-analytic