Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Adu Tangguh Coast Guard China vs Indonesia, Mana Lebih Ngeri?

Kapal Coast Guard Tanjung Datu
Sumber :

100kpj – Saat Laut Natuna memanas, Indonesia dikejutkan dengan kehadiran coast guard milik China yang berupaya melindungi nelayan mereka di wilayah perairan tersebut. Meski tampak besar dan mengerikan, namun kita punya tandingannya. Kapal itu bernama Tanjung Datu-1101 buatan dalam negeri. Lantas, dari keduanya, mana yang lebih kuat?

Mari kita mulai dari coast guard milik Indonesia.

Baca juga: Coast Guard China si Monster Laut yang Kerap Muncul di Laut Natuna

Layaknya kapal patroli lainnya, Tanjung Datu biasa digunakan untuk menanggulangi berbagai aksi pelanggaran di perairan dalam negeri. Selain masuknya kapal dari negara lain, pelanggaran yang kerap kapal itu tindak ialah penyelundupan narkoba, perdagangan manusia, pencurian ikan, serta kegiatan perompak lain.

Kapal Coast Guard Tanjung Datu

Diberitakan dari berbagai sumber, Selasa 16 Juni 2020, Tanjung Datu menghabiskan biaya produksi hingga Rp208 miliar per unitnya. Kala itu, kapal pertama kali beroperasi pada pertengahan 2018, dan mendapat sanjungan dari berbagai kalangan. Hal itu berkenaan dengan spesifikasinya yang tergolong lumayan sangar.

Secara dimensi, panjang kapal itu mencapai 110 meter, serta lebar 15,5 meter. Tanjung Datu juga mampu melaju dengan kecepatan maksimum 18 knot dan kecepatan jelajah 15 knot. Sedang kemampuan lajunya bisa mencapai 4.600 nautical mile dan dapat berada di lautan selama 14 hari dengan awak kapal sebanyak 76 orang.

Berita Terkait
hitlog-analytic