Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Komprasi Harga Mobil Low MPV, Xpander Baru Lebih Mahal dari Avanza

Ilustrasi pameran GIIAS 2019
Sumber :

100kpj – Pasar mobil Low Multi Purpose Vehicle (MPV) di Tanah Air memiliki kue terbesar dibandingkan jenis lainnya. Oleh sebab itu produsen mobil berlomba-lomba menawarkan Low MPV, dengan desain yang berbeda dan harga kompetitif.

Sebelumnya segmen mobil keluarga kelas bawah diramaikan Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio. Kemudian 2017 Mitsubishi merilis Xpander, dan Wuling sebagai pendatang baru juga meluncurkan Confero S.

Baca juga: Ubahan Cuma Sedikit Harga Xpander Baru Naiknya Nyaris Rp7 juta

Meski persaingan semakin ketat, namun model pendatang baru tidak ada yang mampu membendung kedigdayaan Avanza sebagai mobil sejuta umat. Pasalnya Low MPV andalan Toyota itu tetap menjadi mobil terlaris dari tahun ke tahun. 

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang 2019 penjualan Avanza dari diler ke konsumen atau wholesales mencapai 86.374 unit. Sedangkan untuk penjualan ritel atau diler ke konsumen 81,9 ribu unit.

Kemudian Xpander yang awal kemunculannya sempat menduduki peringkat mobil terlaris, kini harus puas berada diurutan ketiga dengan penjualan 62.666 unit. Oleh sebab itu, demi menggairahkan pasar Mitsubishi memberi penyegaran pada Xpander.

Berita Terkait
hitlog-analytic