Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Berukuran Raksasa, Mengapa Pesawat Bisa Melayang di Udara?

Pesawat Terbang
Sumber :

100kpj – Sama halnya seperti kapal laut, pesawat terbang juga menyimpan satu misteri yang belum banyak diketahui kalangan umum. Sebab, dengan tubuh yang sedemikian besar dan berat, burung besi itu bisa melayang-layang di udara. Lantas, mengapa hal itu bisa terjadi?

Dilansir dari Explainthatstuff, Minggu 26 Januari 2020, pada dasarnya pesawat melibatkan empat macam gaya, yakni lift (gaya angkat), gravitasi, drag (gaya hambat), serta thrust (gaya dorong). Kombinasi keempatnya membuat bobot pesawat yang mencapai ratusa ton seakan-akan ringan dan bisa mengambang di udara.

Baca juga: Beratnya Berton-ton, Kenapa Kapal Laut Bisa Terapung di Permukaan Air?

Secara sederhana, pada posisi diam atau terparkir, pesawat memanfaatkan gaya gravitasi supaya bisa terjaga dan tetap berada di permukaan. Kemudian, lift atau gaya angkat harus lebih besar dari gravitasi untuk bisa membuatnya melayang. Hal ini diakali dengan bentuk sayap pesawat yang agak melengkung.

pesawat

Desain tersebut, memungkinkan bagian bawah pesawat terkena gaya yang lebih besar daripada bagian atas. Pertama, saat pesawat bergerak maju, molekul udara akan lebih dahsyat menggempur bagian bawah sayap, sehingga muncullah gaya dorong ke atas, hingga membuat tubuh pesawat terangkat.

pesawat
Berita Terkait
hitlog-analytic