Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Temuan Baru Kapal Titanic, Ternyata Tenggelam Bukan karena Gunung Es

Kapal Titanic
Sumber :

100kpj – Kendati sudah tenggelam sejak 108 tahun lalu, namun misteri mengenai kapal mewah milik Inggris, Titanic, masih dibicarakan hingga kini. Banyak pihak meyakini, karamnya kapal tersebut di samudra Atlantik Utara dipicu lalainya sang kapten hingga menubruk gunung es berukuran raksasa.

Akibatnya, pelat lambung Titanic melengkung ke dalam di sisi kanan kapal, serta mengoyak lima dari 16 kompartemen kedap air. Dua setengah jam kemudian, bahtera itu dibanjiri air laut yang mengalir deras ke dalam tubuhnya.

Titanic akhirnya karam dalam pelayaran perdananya pada 15 April 1912. Dari 2.223 penumpang dan awak kapal, yang selamat hanya 706 orang. Dua pertiganya, yakni 1.517 orang tamat di lautan.

titanic

Namun belakangan, dugaan baru muncul. Dikutip dari laman news.com, Kamis 23 Januari 2020, salah seorang korban selamat, Vaghinak Byurat, pernah mengisahkan gunung es bukanlah penyebab Titanic tenggelam. Sebab, sesaat sebelum hal itu terjadi, ia mendengar ada ledakan besar di bagian lambung kapal.

Baca juga: Beratnya Berton-ton, Kenapa Kapal Laut Bisa Terapung di Permukaan Air?

Hal yang sama juga dikonfirmasi korban selamat lainnya, Mayor Arthur G. Peuchen, yang mendengar suara serupa dari titik yang terbilang sama, yakni lambung kapal. Namun, pengakuan para saksi itu seperti ditutup-tutupi. Ada dugaan karena berbeda dari catatan sejarah yang sudah bertahan seabad lebih.

Berita Terkait
hitlog-analytic