Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Bukan Cuma China, Indonesia Juga Punya Coast Guard Sekuat Monster

Kapal Coast Guard Tanjung Datu
Sumber :

100kpj – Kala Laut Natuna memanas, China sempat mengirimkan kapal penjaga pantai atau coast guard untuk melindungi para nelayan mereka yang mencari ikan di kawasan tersebut.

Bukan hanya satu, usai terjadinya aksi pengusiran yang dilakukan kapal tanker KRI Tarakan 905, ke Natuna, China kembali memperkuat armada dengan mengirim dua coast guard lagi ke sana. Praktis, saat itu ada tiga kapal yang bertahan di perairan Natuna.

Baca juga: Baru Tahu, Coast Guard China yang Masuk Natuna Ternyata Kapal Monster

Dilansir dari The Diplomat, Senin 20 Januari 2020, coast guard milik China itu kerap dijuluki sebagai kapal monster lantaran ketangguhannya menghalau berbagai macam serangan lawan.

Coast Guard

Bagaimana tidak, kapal itu telah dilengkapi meriam reaksi cepat kaliber 76 mm pada haluan, dua kanon kaliber 30 mm pada lambung, water canon dan tersedianya hanggar serta landing pad yang dapat didarati helikopter ukuran sedang. Kemudian tak lupa pula penyematan senjata api serbu, hingga dua senapan mesin anti-pesawat.

Lantas, apakah dengan begitu Indonesia akan sepenuhnya merasa terancam? Nyatanya tidak juga. Sebab, Badan Keamanan Laut Republik Indonesia atau Bakamla RI memiliki monster serupa dengan nama Tanjung Datu-1101.

Berita Terkait
hitlog-analytic