Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Sony Ikut-ikutan Garap Mobil Listrik, Ini Kecanggihannya

Mobil listrik Sony
Sumber :

100kpj – Sony yang dikenal sebagai perusahaan yang terkait dengan perangkat elektronik, kini mulai ikutan terjun ke dunia otomotif. Mereka baru saja memamerkan mobil listrik pertamanya di ajang CES 2020, Las Vegas, Amerika Serikat.

Mobil itu dinamanya Vision-S. Ini adalah mobil konsep listrik yang diklaim dibekali teknologi terdepan khas Jepang, dari produk hiburan hingga sensor kamera dan banyak lagi.

Mobil yang diklaim untuk masa depan ini, memang cukup canggih. Tercatat, ada 33 sensor tertanam, baik eksterior maupun interior.

mobil listrik sony

Baca Juga:
Cuma Duduk di Motor, Cantiknya Yuni Shara Sukses Bikin Gagal Fokus

Viral Aksi Nyeleneh Pemotor Usai Tabrakan dengan Mobil

Bandung Larang Penggunaan Skuter Listrik

Untuk area luar diselipkan Solid State LiDAR, radar, gelombang ultrasonic dan kamera yang dilengkapi sensor CMOS Sony. Itu semua disebar di setiap sudut mobil untuk mendeteksi berbagai objek di sekitar.

Dilansir dari The Verge, mobil ini akan memudahkan si pengemudinya. Sony mengklaim punya kemampuan otonom Level 2. Tentu fitur seperti advanced cruise control, self parking (parkir otomatis) dan auto-lane change (pemindah jalur otomatis).

Area kabin mobil Sony ini juga dilengkapi  sensor Time of Flight (ToF). Peranti itu dapat mendeteksi kondisi pengemudi maupun penumpang. Ekspresi wajah dan pergerakan pengemudi akan ditelaah sistem.

mobil listrik sony


Ini untuk mengetahui seberapa lelah dirinya, dan mobil akan memberikan peringaan secara otomatis. Suhu kabin juga bisa mengatur kondisi dan perasaan di penumpang yang ada di dalamnya.

Apabila penumpang di depan atau belakang tertidur, temperatur AC disetel ke level lebih nyaman. Sistem secara aktif terus belajar untuk mengetahui kebutuhan seluruh penumpangnya, bak asisten pribadi.

Hiburan Mewah

Di dalam kabin juga disediakan berbagai layar dengan jumlah banyak. Di dasbor setidaknya ada layar besar yang disebut panoramic display, membentang dari ujung ke ujung.

Di sini menampilkan bukan cuma multimedia, tapi juga informasi kendaraan, termasuk proyeksi dari kamera samping dan belakang. Pada bagian sound ada 360 reality audio, yang mana penumpang akan merasakan seperti di sebuah konser atau bioskop.

Mobil listrik sony


Sebagai dapur pacunya, ada dua motor elektrik, yang diposisikan di belakang dan depan. Outputnya masing-masing 200 kW atau setara 267 Tk. Artinya totalnya 535 Tk dengan sistem penggerak all-wheel-drive.

Mobil pun mampu melesat dari nol ke 100 kpj dalam 4,8 detik. Jantung mekanis ini merupakan buatan Magna, perusahaan yang memang bergerak di bidang otomotif. Sony juga bekerjasama dengan Bosch, Continental, NVIDIA dan Qualcomm.
Berita Terkait
hitlog-analytic