Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Gran Max dan Luxio Kena Recall, Daihatsu: Iya, Mesti Turun Mesin

Daihatsu Gran Max
Sumber :

100kpj – Sejak awal November 2019, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai agen pemegang merek Daihatsu mengumumkan penarikan uni,  atau recall Gran Max 1.5 dan Luxio. Totalnya 36.915 unit, Gran Max 32 ribuan dan Luxio empat ribuan.

Kedua produk yang terkena recall tersebut diproduksi Maret 2018 sampai April 2019. Penarikan unit itu dilakukan karena mesin 1.500cc yang bersarang pada Gran Max dan Luxio itu bisa mati tiba-tiba karena connecting rod-nya yang bermasalah.

Meski biaya perbaikan gratis, namun melakukan penarikan unit dari tangan konsumen ternyata tidak mudah. Seperti yang disampaikan Marketing & CR Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso.

“Target kami recall Gran Max dan Luxio 36 ribuan, dan kami sudah telepon konsumen 7.600 unit. Dari angka tersebut yang sudah booking 2.400 unit, dan yang sudah diperbaiki 1.500 unit,” ujarnya di Jakarta.

Jumlah konsumen yang sudah merespon soal perbaikan tersebut masih sangat sedikit dari target yang ditentukan. Menurut Hendrayadi kesulitan penarikan unit tersebut, karena mobil tersebut komersial yang memang jarang masuk bengkel.

‘Ini kan mobil usaha, satu hari saja bisa menghasilkan uang. Kesulitannya dari pihak konsumen, kalau dari kami sudah siap. Tapi bisa jadi memang berpindah tangan (salah satu kesulitan) dan belum bisa kita kontak, karena belum ada datanya,” tuturnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic