Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Badai PHK Massal Ikut Menjalar ke Industri Otomotif Indonesia?

Pabrik Mobil Listrik
Sumber :

100kpj – Pabrikan mobil asal Jerman, Audi siap memangkas 7.500 karyawan hingga enam tahun ke depan di tengah upaya pengembangan kendaraan listrik. Sehingga, pada 2025 mendatang, merek tersebut akan kehilangan sekitar 10 persen dari tenaga kerja globalnya.

Bukan hanya Audi, pabrikan asal Negeri Panser lain, Daimler, sebagai induk perusahaan Mercedes-Benz mengambil langkah serupa dengan merumahkan 10 ribu karyawan dalam kurun waktu tiga tahun ke depan. Dengan PHK besar-besaran itu, Mercy diperkirakan menghemat Rp21,7 triliun sampai akhir 2022 nanti.

Mobil Listrik Dicas

Sedang di Indonesia sendiri, program percepatan kendaraan listrik berbasis baterai juga tengah digalakkan pemerintah. Bahkan, mereka menargetkan produksi hingga dua juta unit pada 2025 mendatang.

Lantas, apakah pergeseran produksi dari mesin bensin ke listrik di dalam negeri berpengaruh pada keberlangsungan hidup karyawan lokal, seperti halnya yang terjadi di kawasan Eropa?

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohannes Nangoi menyebut, menjamurnya industri kendaraan listrik di dalam negeri tidak berpengaruh terhadap pengurangan jumlah keryawan di perusahaan otomotif Indonesia. Sebaliknya, ia justru yakin, era elektrifikasi bisa membuka lebih banyak lagi lapangan kerja baru.

Berita Terkait
hitlog-analytic