Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ford Vs Ferrari, Kisah Nyata Rivalitas yang Masuk Layar Lebar

Ford V Ferrari

100kpj – Kisah nyata persaingan perusahaan mobil, yakni Ford Motor Company dan Ferrari diangkat menjadi film oleh 20th Century Fox berjudul Ford V Ferrari. Film yang tayang di bioskop pada 15 November tersebut sukses memuncaki box office.

Disutradarai James Mangold, film tersebut menceritakan soal usaha Ford membuat mobil tercepat demi melengserkan Ferrari di ajang balap 24 jam Le Mans pada 1966. Tokoh utamanya ada Carroll Shelby diperankan oleh Matt Damon. 

Bagi pencinta otomotif tentu tidak asing dengan nama tersebut, Carrol Shelby awalnya dikenal sebagai pembalap dan menjadi juara Le Mans di 1959. Namun karena menderita penyakit jantung, karirnya sebagai pembalap pun selesai.

Sejak itu lah Ferrari menjuarai balapan paling bergensi tersebut lima tahun berturut-turut. Dengan begitu eksistensi mobil Ford mulai meredup, karena dikenal sebagai mobil bertenaga besar namun dengan mudah dikalahkan Ferrari.

Untuk mengembalikan citra perusahaan, merek mobil asal Amerika Serikat tersebut ingin membeli saham merek mobil asal Italia itu pada 1963. Namun Enzo Ferrari yang diperankan Remo Girone tidak setuju jika perusahaannya diakuisisi. 

Akhirnya Ford berambisi menciptakan mesin dan teknologi sendiri demi melengserkan Ferrari dari balap Le Mans. Carrol pun direkrut sebagai perancang untuk mengembangkan Ford GT40 di 1965 bersama mantan pembalap asal Inggris, Ken Miles.

Berita Terkait
hitlog-analytic