Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

GM Nyerah Bisnis di RI, Diler Mobil Chevrolet Bakal Jual Merek Lain?

Ilustrasi mobil Chevrolet
Sumber :

100kpj – Dua merek mobil asal Amerika Serikat akhirnya menyerah jualan di Indonesia. Di awali dari Ford sejak 2016 lalu, kini giliran General Motors Indonesia sebagai produsen mobil Chevrolet yang ikut angkat kaki pada Maret 2020.

Tahun depan GM Indonesia akan menghentikan penjualan mobil asal Negeri Paman Sam tersebut. Tapi mereka berdalih tetap akan menjamin ketersediaan suku cadan untuk para konsumennya, dan pelayanan servis tetap berjalan.

“Kami akan tetap melayani setiap pelanggan untuk perawatan dan perbaikan kendaraan Chevrolet meereka di outlet resmi kami di seluruh Indonesia,” ujar Presiden GM Asia Tenggara Hector Villarreal dalam keterangannya.

Ilustrasi mobil Chevrolet

Keputusan GM tentu menjadi petaka bagi para diler Chevrolet yang tersebar di berbagai wilayah di Tanah Air. Meski menurut GM mereka akan tetap menyediakan suku cadang, dugaannya bahwa 26 jaringan diler Chevrolet di Indonesia nantinya bakal beralih ke merek lain. Karena tentu tidak mungkin diler-diler mereka hanya akan mengandalkan bisnis dari servis dan suku cadang, tanpa ada penjualan.

Setidaknya hal ini sudah terlihat sejak beberapa waktu lalu. Di kawasan Kranji, Bekasi, ada jaringan penjualan Chevrolet yang sudah menyulap diri menjadi diler Mitsubishi. Saat disinggung peralihan tersebut, Director Communications & External Affairs GM Indonesia, Yuniadi Haksono Hartono enggan berkomentar. Dia hanya memastikan kalau konsumen tak perlu khawatir soal pelayanan servis dan suku cadangnya.

“GM Indonesia akan mendukung para diler dalam peralihan ini saat penjualan dihentiikan pada akhir Maret 2020,” tuturnya kepada 100KPJ.

Berita Terkait
hitlog-analytic