Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Puluhan Mobil Mewah Disewa Saat Pelantikan Jokowi, Biayanya Rp1 Miliar

Mercedes-Benz di Istana Negara
Sumber :

100kpj – Menyambut pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin periode 2019-2024 pada 20 Oktober mendatang, pemerintah sudah menyiapkan 88 mobil untuk mengangkut para tamu undagan dari berbagai negara. 

Puluhan unit mobil tersebut statusnya hanya disewa yang terdiri dari merek Mercedes-Benz dan Toyota, dan biaya penyewaannya pun fantastis. Mengingat ada beberapa mobil yang kondisinya memang benar-benar baru keluaran pabrikan.

“Anggaran sewanya dari anggaran kami (Sekretariat Presiden). Kurang lebih, ya enggak mahal. Kan ini hanya kami minta empat hari, kurang lebih Rp1 miliar,” ujar Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Lebih lanjut Heru menjelaskan, anggaran yang digelontorkan tersebut untuk menyewa mobil lansiran Mercedes-Benz yang terdiri dari S450 sebanyak 11 unit, E300 13 unit, E250 empat unit, dan E200 hanya 10 unit, sisanya ada 54 unit merek Toyota. 

“Jadi rinciannya adalah S450 jumlahnya 11, cadangan satu. E300 13 unit, E250 empat unit, E200 sebanyak 10 unit. Dan tentunya sisanya kendaraan pendukung, misalnya Alphard 18 unit, Camry 9, dan Fortuner 27 unit,” tuturnya.

Menurutnya ada beberapa mobil permintaan dari pihak Kementerian Luar Negeri, karena menyesuiakan pimpinan lembaga negara atau utusan yang akan hadir nantinya. Maka ada standarisasi keamanan dan kenyamanan untuk mobil-mobil tersebut.  

“Tentu semua yang kami siapkan adalah kendaraan brand news. Jadi ada S450 untuk kepala negara dan selevel atau utusan itu adalah E300,” sambungnya. 

Berita Terkait
hitlog-analytic