Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Harga Lebih Mahal, Ini Mobil Toyota Paling Laris di Ibu Kota Baru

Rendering Innova Crysta.
Sumber :

100kpj – Setiap daerah di Indonesia memiliki aturan dari pemerintah setempat, baik dari pajak kendaraan atau nilai Bea Balik Nama (BBN). Hal itulah yang membuat harga kendaraan di masing-masing daerah berbeda.

Nilai BBN di Jakarta saat ini 10 persen, sedangkan Tangerang dan Jawa Barat 12,4 persen. Dengan perbedaan tersebut, harga motor dan mobil di DKI lebih murah. Padahal ketiga daerah tersebut masih satu pulau.

Maka tidak heran, jika harga kendaraan baru di Kalimantan Timur jauh lebih mahal. Selain beda pulau, mobil yang dikirim ke ibu kota baru Indonesia itu harus melalui jalur laut, dan Kalimantan memiliki nilai BBN yang cukup tinggi.

Toyota Fortuner.

Menurut penelusuran 100KPJ, harga mobil Toyota di Samarinda, Kalimantan Timur lebih mahal puluhan juta rupiah dibandingkan dengan DKI. Tergantung jenis dan modelnya, seperti Avanza selisihnya Rp47 jutaan, Calya lebih mahal Rp36 jutaan dan Fortuner Rp40-50 juta.   

Marketing Direktur PT TAM, Anton Jimmi Suwandy mengatakan, penetapan harga di tiap daerah itu tergantung dari kebijakan pemerintah setempat. Jadi banyak faktornya, seperti pajak yang berbeda, dan ongkos pengiriman.

“Beda transportasi juga (pengiriman mobil), penyesuian itu pasti ada karena nyebrang laut dan lain-lain,” ujarnya di Jakarta.

Berita Terkait
hitlog-analytic