Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Gak Mau Kalah Sama VinFast, BYD Guyur Rp20 Triliun Bikin Mobil Listrik di RI

Mobil listrik BYD hadir di RI pekan depan
Sumber :
BYD

100kpj - Built Your Dream, atau BYD resmi menancapkan kuku bisnisnya di Indonesia. Nilai investasi yang diguyur untuk mengembangkan ekosistem kendaraan listrik nilainya mencapai puluhan triliun, atau lebih besar dari investasi VinFast.

Sebagai langkah awal, merek asal China yang berada di bawah naungan PT BYD Motor Indonesia itu menjalankan penjualan BYD Atto 3, BYD Dolphin, dan BYD Seal dalam bentuk impor CBU (Completely Built Up), hingga akhirnya diproduksi di dalam negeri.

Untuk proses pembangunan pabrik ditargerkan mulai tahun ini, dan beroperasi pada dua tahun kemudian atau sekitar 2026. Sesuai dengan target pemerintah, dalam memberikan insentif mobil listrik yang awalnya berstatus CBU. Berapa nilai investasinya?

"Investasi BYD untuk mengembangkan ekosistem EV di Indonesia mencapai 1,3 miliar dolar (setara Rp20 triliunan), dengan kapasitas produksi 50 ribu unit," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangg Hartarto melalui daring saat peluncuran brand BYD di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Kamis 18 Januari 2024.

Lebih lanjut politisi Partai Golkar itu menyebut, bahwa mobil BYD yang diluncurkan hari ini untuk dijual kepada masyarakat dalam kondisi CBU meliputi Atto 3, Seal, dan Dolphin. Namun pemerintah terus mendorong BYD agar segera produksi lokal.

Sementara menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dalam kesempatan yang sama, menjelaskan bahwa Indonesia menjadi pusat manufaktur kendaraan listrik BYD terbesar di Asia Tenggara.

Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia, Eagle Zhao menyebut komitmen perusahaan dalam jangka panjang membangun pabrik, dan mengembangkan ekosistemnya. Sedangkan untuk jaringan penjualan akan dibangun puluhan outlet di tahun ini.

Berita Terkait
hitlog-analytic