Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pemerintah Minta Daihatsu Indonesia Tetap Ekspor Mobil di Tengah Skandal Uji Keselamatan

Jejeran unit mobil produksi Astra Daihatsu Motor
Sumber :

100kpj –  Pemerintah lewat Kementerian Perindustrian (Kemenperin) meminta PT Astra Daihatsu Motor (ADM) terus melanjutkan produksi dan ekspor mobil yang berada di Indonesia. Meskipun, Daihatsu di Jepang tengah digoyang skandal uji keselamatan.

Seperti diketahui, Daihatsu harus menghentikan produksi sementara di empat pabriknya di Jepang usai mengakui telah memalsukan hasil tes keselamatan berbagai model mobilnya selama lebih dari 30 tahun.

"Kami mengkhianati kepercayaan pelanggan kami. Semua kesalahan ada pada manajemen," kata Soichiro Okudaira selaku CEO Daihatsu, dikutip dari The Guardian, Jumat 29 Desember 2023.

Daihatsu mengakui telah memanipulasi uji keselamatan sejak 1989, dan jumlah kasus meningkat pada 2014. Daihatsu mengumumkan, sebuah komite pihak ketiga yang independen telah menemukan bukti-bukti kecurangan dalam pengujian keselamatan pada 64 model kendaraan, termasuk yang dijual dengan merek Toyota.

Pabrik PT Astra Daihatsu Motor di Sunter

Meski adanya skandal tersebut, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (Ilmate) Kemenperin Taufiek Bawazier mengatakan mobil Daihatsu di Tanah Air terjamin secara kualitas dan keselamatannya.

Ini menyusul pertemuan pihak ADM dengan Kemenperin usai memberi penjelasan terkait dengan skandal manipulasi uji keselamatan di Jepang. Maka itu, Pemerintah pun meminta ADM untuk terus melakukan ekspor.

Berita Terkait
hitlog-analytic