Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Antisipasi Kemacetan Libur Nataru

Tol Jakarta-Cikampek macet contraflow
Sumber :

100kpj –  Sejumlah skema pengaturan arus lalu lintas telah dipersiapkan Polisi guna antisipasi kemacetan saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit.

“Berkaitan rekayasa, kita sudah memiliki konsep. Kita pernah punya pengalaman khususnya terkait jalur mudik maupun jalur balik dalam mengelola pada saat mudik Idul Fitri sehingga tentunya pengalaman ini akan kita terapkan di libur Nataru, khususnya dalam hal pengelolaan dan rekayasa jalur transportasi,” kata Kapolri, dikutip dari Korlantas Polri, Senin 11 Desember 2023.

Lebih lanjut, Listyo Sigit mengungkapkan bahwa jajarannya sudah memiliki pengalaman saat mudik lebaran 2023. Maka itu, polisi bakal pula mengaplikasikan pengalaman tersebut, mulai dari rekayasa dengn contraflow, alih arus, hingga one way nantinya saat terjadi kepadatan hingga kemacetan di titik tertentu.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

“Kita telah memiliki hitungan semacam counting pada saat jumlah kendaraan yang ada di jalur tol melebihi kapasitas tertentu maka kita akan berlakukan rekayasa. Ini terus kita evaluasi sehingga pada saat kita lakukan rekayasa, di sisi lain jangan sampai ada masyarakat pengguna jalan juga terganggu,” ucapnya.

“Sehingga tidak terjadi penumpukan yang terlalu berlebihan dan kalau pun harus terpaksa menunggu juga tentunya disiapkan rest-rest area yang kemudian juga membuat masyarakat bisa nyaman sambil menunggu,” lanjut Listyo Sigit.

Dalam penghitungan pihaknya, ada pula kegiatan pelaksanaan tahapan Pemilu bersamaan libur Nataru itu. Maka itu, pihaknya juga bakal melakukan pengamanan dalam kegiatan perhelatan politik tersebut.

Berita Terkait
hitlog-analytic