Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jalan Tanggal Segini Bisa Kejebak Macet saat Libur Nataru, Ada Jutaan Mobil Keluar Jakarta

Kondisi jalan tol di malam hari
Sumber :

100kpj – Libur Natal dan tahun baru (Nataru) dimanfaatkan warga Ibu Kota untuk berbondong-bondong mengunjungi tempat wisata, atau pulang ke kampung halaman. Bahkan diprediksi ada jutaan mobil meninggalkan Jakarta.

Ada berbaagai alasan seseorang menggunakan kendaraan pribadi saat libur Nataru, diantaranya karena lebih fleksibel, atau tidak repot jika ingin berpindah-pindah tempat, hemat ongkos, dan beberapa alasan lainnya.

Baca juga: Jalan Tol Gratis saat Libur Natal dan Tahun Baru 2024 ada Jakarta Cikampek

Tol Jakarta-Cikampek macet contraflow

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Subakti Syukur menjelaskan jumlah kendaraan yang akan meninggalkan Ibu Kota menymbut libur Nataru, saat Rapat Dengar Pendapat BUMN Transportasi bersama Konisi VI DPR RI.

“Berdasarkan survei Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan ada peningkatan pemudik sebesar 143 persen dibanding 2022, untuk Jaodetabek diprediksi 43,9 persen, atau 14 juta orang,” ujarnya dikutip, Selasa 5 Desember 2023.

Lebih lanjut Syukur menjelaskan bahwa tujuan mudik ke luar kota terbanyak dari peningkatan tersebut adalah Jawa Timur sebesar 26 persen, urutan kedua ada Jawa Tengah 21 persen, dan ketiga Jawa Barat 15 persen.

Berita Terkait
hitlog-analytic