Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Demam Klakson Bus Telolet Kembali Merebak, Ingat Ancaman Rem Blong

Bus Antar Kota
Sumber :

100kpj – Tren Om Telolet Om kembali ramai dijumpai di media sosial (medsos) belakangan ini, banyak anak-anak yang meminta sopir bus untuk menyalakan klaksonnya itu. Namun, perlu diingat bila klakson telolet bisa jadi penyebab kecelakaan.

Tren membunyikan klakson tersebut sempat menghilang dari peredaran lantaran adanya protes dari pengguna jalan dan penumpang bus karena suara keras yang dikeluarkan dari bagian bawah bus dianggap sangat mengganggu di telinga.

Karena protes itu, akhirnya beberapa bus memindahkan klakson tersebut ke bagian atas. Dengan demikian suara klakson yang bising pun tidak lagi mengganggu telinga penumpang juga pengguna jalan lain.

Klakson ini memiliki irama yang beragam dan terbilang unik sehingga banyak kawula muda yang merasa terhibur dengan suara yang dikeluarkan alat itu. Klakson telolet basuri itu pun jadi incaran anak-anak di jalan.

Klakson Telolet Sebabkan Kecelakaan

Walaupun suara yang dihasilkan oleh klakson telolet cukup menghibur, namun ini juga bisa jadi penyebab kecelakaan. Banyak kasus truk dan bus kecelakaan dikarenakan klakson ini yang bikin rem blong.

Klakson tambahan ini membuat kegagalan rem karena persediaan udara tekan di tabung berada di bawah ambang batas, sehingga tidak cukup kuat untuk melakukan pengereman. Seperti disampaikan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Berita Terkait
hitlog-analytic