Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tol Cipali Jadi Jalan Tol Paling Mematikan di Dunia, Tiap 1 Kilometer Telan Korban

tol cipali
Sumber :

100kpj – Jalan Tol Cikopo-Palimanan atau yang dikenal sebagai Cipali merupakan bagian dari sistem Jalan Tol Trans Jawa yang menghubungkan mulai dari Jalan Tol Merak hingga ke Surabaya.Tol ini diharapkan berdampak positif pada pertumbuhan kawasan industri, perumahan, perkantoran, pariwisata dan agrobisnis.

Tol Cipali jadi jalur distribusi utama barang dan transportasi umum di Jawa. Sayangnya, tol Cipali malah menjadi tol paling berbahaya dan memiliki tingkat fatalitas kecelakaan yang paling tinggi di dunia.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno. Dia menyoroti banyaknya kecelakaan yang kerap terjadi di Cipali, terbaru yang menewaskan Kepala BKD Jawa Barat pada 25 November 2022 di Tol Cipali KM 119.600.

"Jalan Tol Cipali adalah jalan tol yang nomor satu di dunia yang menjadi jalan tol fatalitas kecelakaannya paling tinggi. Itu perhitungannya satu kilometer berapa korban, itu ada hitung-hitungannya, itu menjadi jalan tol nomor satu," kata Hendro dalam rapat kerja bidang perhubungan darat 2022.

Dia menambahkan bila pertumbuhan kendaraan menjadi salah satu penyebab tingginya tingkat kecelakaan. Menurutnya, seiring dengan pertumbuhan jumlah kendaraan maka pasti akan diikuti dengan meningkatnya angka kecelakaan lalu lintas.

Ditjen Perhubungan Darat mencatat hingga 2022 setidaknya jumlah kendaraan yang ada di Indonesia telah mencapai 150,81 juta. Jumlah itu telah meningkat jika dibandingkan dengan total kendaraan pada 2021 sebesar 147,11 juta kendaraan.

Tol Cipali
Berita Terkait
hitlog-analytic