Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Truk Listrik eCanter Mengasapal untuk Pertama Kalinya di Bali

Uji coba truk listrik ringan, Fuso eCanter
Sumber :

100kpj – Truk listrik ringan Fuso eCanter akhirnya akan melakukan uji coba untuk pertama kalinya di Bali. Seperti yang disampaikan oleh PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku distributor resmi kendaraan Mitsubishi Fuso di Indonesia.

Nantinya eCanter akan diuji coba dalam operasional sehari-hari di Indonesia. Rencananya truk ini akan dicoba konsumen di Bali mulai Agustus 2022. Kepastian ini disampaikan usai jumpa pers “EV Smart Mobility – Joint Project” yang diselenggarakan oleh lima merek otomotif Jepang yang berpartisipasi di Nusa Dua, Bali pada 27 Juli 2022.

Uji coba yang dilakukan oleh KTB ini adalah bentuk dukungan yang lebih besar dalam proses transisi menuju pengurangan emisi dalam industri transportasi, sejalan dengan target pemerintah Indonesia untuk mencapai karbon netral.

Truk listrik ini rencananya akan digunakan untuk mendistribusikan bahan baku ke pabrik dan medukung pengiriman dengan rute di daerah Denpasar, Bali. Dari aktifitas ini, KTB dan MFTBC berharap dapat mengumpulkan data dan masukan berharga mengenai kebutuhan pelanggan dan tantangannya selama tahap eksplorasi ini.

“Kami akan memulai Proof of Concept (uji coba) eCanter di Bali dengan konsumen, perusahaan yang berpengalaman. Kami memastikan akan mengambil langkah baru di era EV Indonesia," ujar Nobukazu Tanaka, Presiden Direktur PT. KTB.

"Di bawah kepemimpinan kuat dari Pemerintah Indonesia, kami ingin berkontribusi menuju karbon netral dengan teknologi canggih kami. Untuk mencapai hal tersebut, kami perlu memperlajari kebutuhan pasar yang sebenarnya dengan cara melakukan komunikasi dengan intens bersama dengan konsumen," lanjutnya.

eCanter adalah truk listrik yang diproduksi secara massal dan dikembangkan oleh MFTBC sebagai solusi untuk masalah lingkungan perkotaan seperti kebisingan, gas buang serta emisi CO2. Sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2017 sebagai truk listrikseri pertama yang diproduksi di pasar Jepang.

Berita Terkait
hitlog-analytic