Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

2 Kendaraan Ini Tak Perlu Ganti Warna Pelat Nomor

Pelat nomor kendaraan jadi warna dasar putih
Sumber :

100kpj – Pertengahan Juni 2022, pelat nomor kendaraan akan berganti dengan dasar warna putih dengan tulisan hitam. Akan tetapi, ada 2 kendaraan yang takkan mengalami perubahan warna pada pelat nomornya.

Kendaraan tersebut adalah kendaraan dinas dan angkutan umum atau angkot. Seperti yang disampaikan oleh Kasubdit STNK Direktorat Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri, Kombes. Pol. M Taslim Chairuddin.

“Sementara TNKB (tanda nomor kendaraan bermotor) kendaraan pemerintahan tetap dengan warna merah, untuk angkutan umum tetap dengan warna dasar kuning,” ujarnya dalam situs resmi Korlantas Polri.

Sementara itu, untuk peruntukan TNKB baru berwarna putih dan tulisan hitam sama dengan spesifikasi lama. Yakni, kendaraan pribadi dan perusahaan.

“TNKB spesifikasi baru warna dasar putih tulisan hitam sekali lagi sama dengan TNKB spesifikasi lama, diperuntukkan untuk kendaraan kepemilikan pribadi atau perusahaan,” jelas Kasubdit STNK Direktorat Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri.

Seperti diketahui, Korlantas Polri menargetkan keseluruhan kendaraan telah menggunakan pelat nomor warna putih pada tahun 2027 mendatang. Nantinya, perubahan pelat nomor itu mulai dilakukan pada tahun ini.

“Tahun 2027 sudah lengkap, semuanya sudah putih. Karena kan sudah lima tahun,” terang Dirregident Korlantas Polri Brigjen.

Berita Terkait
hitlog-analytic