Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Bisa Picu Kecelakaan, Fitur di Mobil Listrik Tesla Diselidiki

Tesla. Foto: Teslarati.
Sumber :

100kpj – Tesla kembali mendapat sorotan, kini tengah dalam penyelidikan pihak regulator keselamatan mobil Amerika Serikat (NHSTA). NHSTA lakukan penyelidikan terhadap 580 ribu unit mobil Tesla yang dijual sejak 2017.

Seperti dilansir dari Reuters, penyelidikan dilakukan pada fitur Passenger Play yang ditengarai bisa memicu kecelakaan pada mobil tersebut. NHSTA menilai fitur Passenger Play dapat menurunkan konsentrasi pengemudi dan meningkatkan risiko kecelakaan.

Ini tak lain karena membuat perhatian pengemudi teralihkan ke game tersebut. Game tersebut awalnya hanya untuk penumpang dan diperlukan konfirmasi untuk memulai permainan.

Kabin Tesla. Foto: Moto1.

Tetapi, NHTSA mendapat laporan kalau fitur Passenger Play juga bisa dimainkan oleh pengemudi. Padahal, pada pedoman yang diterbitkan oleh NHSTA pada tahun 2013 merekomendasikan agar perangkat dirancang tidak dapat digunakan oleh pengemudi.

Pemilik Tesla Vince Patton dari Oregon melihat video di YouTube yang menyoroti bagaimana Passenger Play dapat digunakan oleh pengemudi. Dia pun mengajukan keluhan kepada NHTSA, menggambarkan fitur tersebut sebagai kelalaian.

Konsentrasi saat mengendarai kendaraan memang menjadi hal yang tak bisa diganggu gugat karena menjamin keselamat penumpang dan pengemudi itu sendiri. NHTSA melaporkan 3.142 kematian di jalan di Amerika Serikat pada 2019 disebabkan oleh pengemudi yang konsentrasinya terganggu.

Berita Terkait
hitlog-analytic