Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ganjil Genap Berlaku di Tol Mulai 20 Desember 2021, Cek Lokasinya

Tarif Jalan Tol JORR
Sumber :

100kpj – Kementerian Perhubungan akan menerapkan kebijakan ganjil genap di jalan tol. Ini guna menekan mobilitas masyarakat selama libur natal 2021 dan tahun baru 2022 agar penyebaran corona tak kembali tinggi.

Kebijakan ini disampaikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam rapat kerja bersama Komis V DPR, kemarin. Ganjil genap akan diterapkan di beberapa ruas jalan tol di Jawa mulai 20 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022.

Jalan Tol Cipularang

"Selain manajemen angkutan umum, juga perlu diwaspadai potensi pergerakan dengan mobil pribadi dan motor. Jumlahnya sangat banyak dan relatif susah dikendalikan," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dikutip dari Antara.

Selain itu, pihaknya juga kan melakukan buka tutup rest area, jalan satu arah jika terjadi contraflow serta melaksanakan random sampling di rest area atau tempat-tempat yang ditetapkan. Serta adanya check point oleh pemerintah daerah (Pemda).

"Kita lakukan konsolidasi bersama TNI/Polri dan stakeholder dan bersama membuat posko-posko. Oleh karenanya kita selalu mengimbau kepada Pemda untuk melakukan posko checkpoint di daerah kedatangan dan keberangkatan," kata Budi.

Jalan tol yang akan terkena kebijakan ganjil genap adalah:
- Jalan Tol Tangerang-Merak
- Jalan Tol Bogor-Ciawi-Cigombong
- Jalan Tol Cikampek-Palimanan-Kanci
- Jalan Tol Cikampek-Padalarang-Cileunyi

Berita Terkait
hitlog-analytic