Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

PPKM Darurat Bikin Pelaku Angkutan Umum Menjerit, Begini Sikap Organda

mudik
Sumber :

100kpj – Kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat, berdampak pada para pelaku angkutan umum mulai dari pengusaha, crew angkutan umum, sopir angkutan umum hingga bidang bisnis lainnya yang berkaitan dengan angkutan umum.

Dampak tersebut terasa lantaran semakin ketatnya syarat perjalanan yang diberlakukan di Jawa, Bali dan penyakatan jalan dalam kota dan provinsi. Hal tersebut membuat Organda melakukan komunikasi dengan pemerintah.

Menurut Adrianto Djokosoetono, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Organda menilai, pengetatan syarat perjalanan bakal menurunkan mobilitas masyarakat, yang pada akhirnya  menekan cash flow pengusaha perjalanan. 

"Tidak dapat dihindari dampak kepada mobilitas masyarakat berarti menurunnya kembali pendapatan usaha, termasuk angkutan di jalan. Tidak dapat dipungkiri untuk  perjalanan jarak jauh dari/menuju Jawa dan Bali harus menunjukkan kartu vaksin, minimal dosis pertama," tambahnya dikutip dari pernyataan resmi.

Bus Antar Kota

Khusus Angkutan Kota dan Provinsi (AKAP), kembali terpuruk akibat berbagai titik penyekatan terus diperluas untuk membatasi mobilitas masyarakat. Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Tengah (Jateng), akan melakukan penutupan terhadap 27 pintu Tol Exit, mulai tanggal 16 Juli hingga 22 Juli 2021,  dimana  seluruh akses masuk Jawa Tengah ditutup termasuk exit tol di 27 pintu total mulai hari Jumat tanggal 16 sampai dengan tanggal 22 Juli.

Menyikapi berbagai masalah di atas DPP Organda mengingatkan kembali soal realisasi bantuan dan insentif, bagi dunia usaha yang pernah dijanjikan pemerintah lewat Menko Perekonomian beberapa waktu lalu, dengan harapan pengusaha transportasi mendapat pinjaman baru (refinancing), dengan bunga murah setelah kebijakan relaksasi cicilan utang berakhir.

Berita Terkait
hitlog-analytic