Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Perluasan PPnBM Nol Persen, Honda HR-V 1.800cc Harganya Bakal Turun?

Honda HR-V
Sumber :

100kpj – Kebijakan yang dibuat pemerintah melalui PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) nol persen untuk mobil baru mendapatkan respon positif. Dengan harga jual yang lebih terjangkau, penjualan mobil kembali bergairah.

Namun isentif itu hanya diberikan untuk 21 mobil baru yang memiliki kapasitas mesin sampai dengan 1.500cc, berpenggerak dua roda. Kemudian wajib diproduksi di dalam negeri, dan mengadopsi komponen lokal 70 persen.

Modifikasi Honda Brio dan HR-V di IMX

Demi mendongkrak penjualan di segmen lain, keringanan PPnBM diperluas pemerintah untuk kapasitas mesin 1.501cc sampai dengan 2.500cc. Termasuk mobil berpenggerak dua roda, dan empat roda dengan kandungan lokal 60 persen.

“Potongan pajak akan diberikan kepada KBM-R4 (Kendaraan Bermotor Roda Empat) dengaan kapasitas tersebut, dan segmen 4x2 serta 4x4,” ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, dalam keterangannya, Kamis 25 Maret 2021.   

Kebijakan tersebut mulai diterapkan bulan depan, dengan beberapa tahapan. Khusus berpenggerak dua roda atau 4x2 yang awalnya dibebani PPnBM 20 persen menjadi 10 persen, berkat potongan 50 persen yang berlaku April-Agustus.

Memasuki September-Desember diskon pajak yang diberikan hanya sebesar 25 persen. Sementara mobil berpenggerak 4x4 atau empat roda di tahap pertama potongan pajaknya 25 persen, dari 40 persen menjadi 30 persen.

Berita Terkait
hitlog-analytic