Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kata Eks Wakil Menteri ESDM Soal Tesla Pilih India Ketimbang Indonesia

Tesla Model S
Sumber :

100kpj – Perusahaan kendaraan listrik Tesla telah memilih India menjadi jadi tempat membangun pabrik kendaraan yang diproduksinya ketimbang Indonesia. Eks wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar memberikan analisanya atas putusan Tesla.

Menurutnya, tak lepas dari Tesla membangun manufacturing plant dan technology centre-nya di Silicon Valley, Amerika Serikat. Di mana, SDM mumpuni di bidang informasi dan teknologi (IT), technology chips yang mutakhir, dan venture capitalist (pemodal) yang berani mendanai proyek startup yang berisiko tinggi.

Baca Juga: Sri Mulyani: Kalau Mau Beli Mobil Baiknya Sekarang hingga Mei

Maka itu, Tesla ingin mengembangkan technology centre-nya di luar Amerika Serikat (AS). Arcandra menilai Tesla akan mencari kota yang ekosistemnya mendekati apa yang ditawarkan oleh Silicon Valley.

"Dua kota di dunia yang yang mendekati persyaratan ini adalah Tel Aviv di Israel dan Bangalore di India," kata Arcandra, dalam akun Instagram-nya, yang dikutip Selasa 2 Maret 2021.

Sebelum Tesla, perusahaan otomotif seperti Mercedes-Benz, Great Wall Motors, General Motors, Continental, Mahindra & Mahindra, Bosch, Delphi and Volvo sudah lebih dulu berada di kota Bangalore.

Berita Terkait
hitlog-analytic