Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Terungkap, Kendaraan Pribadi Jadi Biang Kerok Pencemaran Udara di DKI

Macet di Jakarta
Sumber :

100kpj – Demi mengurangi polusi udara yang dihasilkan dari mesin pembakaran kendaraan bermotor, pemerintah menerapkan berbagai kebijakan. Salah satunya mewajibkan pengguna mobil atau motor melakukan uji emisi.

Namun aturan tersebut hanya berlaku bagi warga Ibu Kota. Pasalnya regulasi itu sudah tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 66 Tahun 2020, bagi kendaraan yang masih beroperasi di DKI Jakarta, wajib lulus uji emisi gas buang.

Uji Emisi

Dalam Pasal 3 Pergub DKI Jakarta No.66 Tahun 2020 pengujian emisi tersebut dilakukan paling sedikit satu kali dalam satu tahun. Bagi kendaraan yang sudah berumur 3 tahun, dan tidak mengikuti pengujian tersebut akan dikenakan denda.

Aturan itu merupakan salah satu pergerakkan untuk pembatasan umur kendaraan di beberapa tahun ke depan. Seperti yang disampaikan Kepala Bidang Pengendalian Dampak Lingkungan Dinas Lingkungan DKI Jakarta, Yusiono A. Supalal.

Bengkel mobil Daihatsu

“Ada 7 inisiatif Gubernur, salah satunya memperketat uji emisi seluruh kendaraan pribadi mulai 2019, dan memastikan tidak ada yang berusia lebih dari 10 tahun, yang beroperasi di wilayah DKI pada 2025,” ujarnya saat acara virtual bersama Daihatsu, Jumat 19 Februari 2021.

Berita Terkait
hitlog-analytic