Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

China 'Guyur' RI Triliunan Rupiah untuk Bikin Baterai Mobil Listrik

Pabrik Mobil Listrik
Sumber :

100kpj – Di tengah kendaraan yang terus meningkatkan di jalanan, tentunya akan berdampak pada polusi udara. Maka itu, penggunaan mobil listrik diyakini jadi salah satu cara mengurangi dampak polusi yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor berbahan bakar fosil.

Apalagi Indonesia sebagai rumah bagi cadangan tembaga, nikel dan timah yang besar, serta keinginan menjadi produsen baterai mobil listrik terbesar di dunia, membuat banyak perusahaan yang ingin berinvestasi di Tanah Air.

Salahsatunya Contemporary Amperex Technology Limited atau CATL yang perusahaan asal China, yang kabarnya akan berinvestasi di Indonesia dalam bidang pembuatan baterai mobil listrik.

Seperti dikutip dari Viva, Jumat 18 Desember 2020, perusahaan tersebut berencana membangun pabrik pada tahun depan. Enggak main-main nilai invenstasi yang akan dikucurkan di Indonesia mencapai US$5,1 miliar, atau setara Rp72 triliun. 

Ilustrasi sistem kerja mobil listrik

Dana sebanyak itu akan digunakan untuk mendirikan pabrik, yang rencananya bakal mulai beroperasi beberapa tahun lagi.Kabar mengenai investasi CATL diungkapkan langsung oleh Staf Khusus Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Septian Hario Seto. “Targetnya pabrik CATL akan mulai memproduksi baterai mobil listrik pada 2024,” ujarnya.

Septian mengatakan, bahwa PT Aneka Tambang dan CATL telah meneken kesepakatan bahwa setidaknya 60 persen pengolahan hasil tambang nikel yang ada di Morrowali, Sulawesi Tengah dilakukan di Indonesia.

Berita Terkait
hitlog-analytic