Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tanda-tanda Toyota Hadirkan MPV Penggerak Depan, Avanza atau Bukan?

Bocoran Toyota Avanza baru

100kpj – Pasar mobil Low Multi Purpose Vehicle (MPV) di Tanah Air memiliki porsi terbesar dibandingkan jenis lainnya. Sehingga produsen berlomba-lomba menawarkan mobil sejenis dengan spesifikasi, dan desain yang berbeda-beda.

Sebelumnya segmen mobil keluarga kelas bawah itu hanya diramaikan Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio. Kemudian 2017 semakin ramai dengan kehadiran Mitsubishi Xpander, dan Wuling Confero.

Meski persaingan cukup ketat, hingga saat ini belum ada yang mampu membendung kedigdayaan Avanza sebagai mobil terlaris di kelas Low MPV. Padahal mobil dengan sebutan sejuta umat itu memiliki perbedaan mencolok.

Avanza dan Xenia sebagai pemai pertama di kelas Low MPV mengandalkan penggerak roda belakang, sedangkan kompetitor lainnya berpenggerak roda depan. Mesin yang ditawarkan ada dua pilihan, yakni 1.500cc, dan 1.300cc.

Berbeda dengan para pesaingnya yang betah dengan satu pilihan mesin, yaitu 1.500cc. Bahkan meski Avanza sudah menjadi pemimpin pasar selama bertahun-tahun, ternyata Toyota diam-diam sedang mengamati peluang lain.

Peluang yang dimaksud terkait pasar mobil keluarga, untuk kelas menengah bawah yang mengandalkan penggerak roda depan. Hal itu disampaikan langsung oleh Marketing Direktur PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy.

“Ya kami selalu monitor hal ini, dan mendengar masukan dari konsumen, serta melihat situasi infrastruktur,” ujarnya saat dihubungi 100KPJ, Selasa 8 Desember 2020.

Berita Terkait
hitlog-analytic