Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pembuat Chopper Jokowi Makin Terkenal, Dihormati Builder Luar Negeri

Motor chopper Jokowi yang akan dilelang.
Sumber :

100kpj – Beberapa waktu lalu Presiden Joko Widodo bikin heboh jagat maya. Pangkal soalnya, terkait aksi menunggangi motor eksentrik, jauh dari kesan motor mainstream.

Motor itu adalah kuda besi ber-genre Chopper yang ditanamkan mesin Royal Enfield Classic 350. Kesan biker pun lantas melekat pada Jokowi, apalagi beberapa kali dirinya mencitrakan diri turut riding di jalan raya dengan chopper berkelir emasnya itu.

Veroland, merupakan salah satu orang yang paling berpengaruh dalam citra 'Jokowi Chopper'. Dia adalah pegiat modifikasi kenamaan Tanah Air, dari bengkel Kickass Choppers asal Jakarta. Di sela acara Suryanation Motorland 2019, pria gempal berkepala plontos itu membagi cerita santai kepada wartawan soal motor tersebut.

"Haha, Jokowi, saya cuma bikin motor ya. Jadi gini ya, saya bikin itu sebenarnya buat diproduksi massal. Dan bukan buat RI satu," katanya.

Vero sebenarnya membuat chopper emas itu sekadar contoh. Saat itu Vero bersama Elder Garage tengah menggarap kerjasama untuk memproduksi massal rangka chopper karyanya.

Akhirnya sebagai gambaran calon konsumen, Vero lantas membangun utuh rangka tersebut menjadi sebuah chopper sesungguhnya. "Jadi rangka itu nanti jadi chopper, soal mesin bebas, mau pakai Scorpio atau apalah. Tetapi yang ekmarin pakai mesin Royal Enfield. Pas dipajang di Istana Bogor, ternyata Pak Jokowi minat, langsung dibayarin RI 1. Akhirnya viral," lanjutnya.

Nama Vero kemudian makin melejit, begitu juga di kalangan pergaulan antarnegara. Dia pun turut makin mewarnai dunia custom di dalam dan luar negeri. "Akibat motor itu buat saya tentu jadi berpengaruh, temen-temen di luar negeri sana bilang begini: Wah Ver, gw sih enggak kebayang bikin presiden gw naik chopper. Poinnya itu."



Hingga kini Vero masih tetap memproduksi rangka chopper seperti yang dipakai Jokowi. Meski tidak sebanyak motor mainstream, ada saja penggemar chopper yang memesan rangka apik buatannya.

Sampai di suatu waktu, tepatnya di Medan, Vero bertemu dengan chopper yang tongkrongannya asyik, tapi finishing-nya kacau. Sebagai juri kontes modif, dia lantas mengangkat kasus itu untuk dijadikan bahan diskusi.

"Pantes enak dipakai walau finishing-nya kacau, setelah pemiliknya saya tanya, ternyata itu motor rangkanya pakai chopperland," kata pria yang kini jadi salah satu juri di Suryanation Motorland 2019.
Berita Terkait
hitlog-analytic