100KPJ

Meninggalkan Motor di Rumah saat Mudik, Perhatikan 6 Hal Ini Salah Satunya Kosongkan Tangki BBM

Share :

100kpj – Pemerintah menetapkan cuti bersama 19 April 2023, sehingga diprediksi masyarakat mulai mudik di hari tersebut, atau sebelumnya. Beragam moda transportasi digunakan untuk pulang ke kampung halaman.

Bagi pemilik motor yang menggunakan mobil pribadi saat mudik, atau transportasi umum seperti bus, peswat, kereta, dan kapal laut, perlu memerhatikan beberpa hal sebelum meninggalkan sepeda motor di rumah.

“Merawat sepeda motor bukan hanya saat digunakan, namun juga perlu dipastikan kondisinya tetap prima dan terhindari dari kerusakan saat ditinggal selama liburan,” ujar Techincal Training Manager PT Astra Honda Motor, Herry Chairy, dikutip dari keterangannya, Selasa 18 April 2023. 

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum meninggalkan motor, yaitu mencuci. Usahakan agar ditinggalkan dalam kondisi bersih dan kering, agar menghindari korosi atau karat sekaligus tidak meninggalkan bau.

Kedua kosongkan tangki bahan bakar jika ditinggal dalam waktu yang lama guna pertimbangan keamanan. Jangan lupa juga cek apakah ada kebocoran tangki dari bahan bakar, rembesan oli mesin, coolant, dan oli suspensi.

Ketiga wajib memeriksa tekanan ban sesuaikan dengan ketentuan pabrikan. Pada saat ditinggalkan dengan posisi parkir dalam waktu lama, biasanya tekanan angin ban dapat berkurang karena perubahan suhu. 

Share :
Berita Terkait