100KPJ

Kok Peluncuran Gesits Molor Hampir Setahun?

Share :

100kpj – Motor listrik Gesits akhirnya resmi diluncurkan, Kamis 25 April 2019. Perlu waktu hampir setahun untuk menunggu motor karya anak bangsa ini diperkenalkan, berbagai spekulasi pun muncul kenapa bisa molor.

Pada awalnya motor buatan PT Gesits Technologies Indo (GTI) ini direncakana hadir pada pertengahan 2018. Namun karena beberapa alasan, GTI akhirnya memundurkannya sampai semester awal tahun 2019 yakni Februari-Maret.

Hingga akhirnya motor listrik ini diluncurkan di pembukaan Indonesia International Motor Show 2019. CEO GTI, Harun Sjech, mengungkapkan bila membuat industri otomotif dalam negeri tidaklah mudah dan itu jadi penyebab molornya.

"Selain dari perizinan (uji kendaraan sampai mendapatkan STNK) dan ini adalah motor listrik, yang sulit adalah membuat pakem tersendiri untuk part sepeda motor. Karena kita tidak memiliki itu, semua pakem dari Jepang," kata Harun di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

"Jadi istilahnya kita dari awal, bertahap. Karena kan kita maunya semua di motor ini benar-benar dari Indonesia. Memang sekarang belum semuanya kita punya pakem sendiri, tapi ini berkembang. Kalau kita buat semua pakem di motor ini, mungkin butuh 10 tahunan. Tidak mudah untuk melakukan hal tersebut, butuh waktu," lanjutnya usai peluncuran.

Gesits kini sudah dipasarkan, dan kabarnya sudah terpesan hingga 30 ribu unit. Motor dengan tenaga baterai ini pun dibanderol Rp24.950.000 off the road, dan bila membelinya selama IIMS 2019 seharga Rp 23,5 juta.

Share :
Berita Terkait