100KPJ

Gara-gara Sepi Peminat Sekarang Konversi Motor Listrik Gratis

Share :

100kpj - Program pemerintah mengubah motor bermesin bahan bakar menjadi tenaga listrik masih sepi peminat. Maka mulai bulan ini, Kementerian ESDM (Energi Sumber Daya Mineral) menggratiskan konversi motor listrik.

Konversi motor listrik gratis bisa dilakukan disemua bengkel yang sudah memenuhi syarat, atau tersertifikasi. Sehingga masyarakat dengan mudah mengubah motor bensin menjadi pelahap seterum tanpa biaya, agar lebih ramah lingkungan.

"Kementerian ESDM saat ini mengundang semua pemilik kendaraan motor roda dua, itu akses ke websitenya ESDM, nanti kami konversi secara gratis,” ujar Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM, Eniya Listiani Dewi, dikutip Antaranews, Rabu 24 April 2024.

Demi menarik minat masyarakat konversi motor listrik, pemerintah meningkatkan jumlah subsidi dari Rp7 juta di tahun lalu, menjadi Rp10 juta untuk tahun ini. Meski begitu konsumen masih perlu merogoh kocek tambahan, karena biaya konversi lebih dari itu.

Lebih lanjut dia memberikan contoh, misalnya mengubah motor bensin menjadi listrik Rp15-17 juta, berarti konsumen perlu bayar Rp5-7 juta meski diberikan subsidi. Namun karena ada tanggung jawab sosial maka sisanya ditanggung pemerintah.

"Sebetulnya, selisih dari bantuan (subsidi) Rp10 juta itu sisanya ditanggung sendiri. Kita dibantu oleh program CSR (corporate social responsibility) juga, sehingga bisa gratis,” tuturnya.

Share :
Berita Terkait