Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Awas Encok, Begini Cara Mudah Bangunkan Moge Yang Terjatuh di Jalan

Cara bangunkan moge ketika terjatuh
Sumber :

100kpj – Moge atau motor gede identik dengan kapasitas mesin yang besar, dan dimensi bongsor. Dengan begitu otomatis bobot moge lebih berat dibandingkan motor pada umumnya yang memiliki mesin berkapasitas 150cc atau di bawah itu.

Sehingga pengguna moge wajib mengetahui cara mengantisipasi motor jika tergeletak, atau terjatuh khususnya saat di jalan raya. Sebab jika tidak memiliki pengetahuan tersebut, tentu akan kesulitan untuk mendirikannya kembali.

Bahkan efeknya saat memaksakan untuk membangunkan moge dengan cara salah, otot punggung akan cedera. Cara mendirikan moge biasanya hanya mengandalkan kedua otot tangan, dan yang terbesarnya menggunakan otot punggung. 

Booth moge Honda

Sebenarnya porsi otot paling besar saat mendirikan motor yang memiliki beban berat, adalah tertumpu pada kedua otot paha. Hal tersebut disampaikan langsung Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, Ludhy Kusuma.

“Sangat berbahaya apabila kita lebih besar menggunakan otot punggung, ini bisa menyebabkan cedera pada bagian punggung. Sedangkan seharusnya otot tangan hanya untuk membantu saja,” ujarnya dalam keterangan resminya, Jumat 24 Juli 2020. 

Hal pertama yang perlu dilakukan, menurutnya pengendara harus tetap tenang saat moge terjatuh. Lalu pastikan motor dalam keadaan mati, dan apabila sepeda motor terjatuh di tengah jalan pastikan motor benar-benar aman terlebih dahulu.

Berita Terkait
hitlog-analytic