Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Layak Dicoba Nih Cara Murah untuk Kampas Rem Motor Kurang Pakem

Rem Cakram Motor
Sumber :

100kpj – Seluruh kendaraan pasti dibekali perangkat keamanan bernama rem, tak terkecuali sepeda motor. Sebab rem merupakan komponen yang memiliki fungsi cukup penting.

Sebab untuk memerlambat kecepatan atau menghentikan gerak roda saat sedang berputar. Jika blong atau kurang pakem maka akan berbahaya dan bisa menimbulkan kecelakaan.

Untuk rem sendiri ada dua model yang saat ini digunakan pada kendaraan, yakni tromol dan cakram. Biasanya, model yang pertama diaplikasikan pada roda belakang karena kinerjanya tidak sebesar bagian depan.

Rem tromol terdiri dari dua komponen utama, yakni piringan tromol dan kampas. Keduanya saling bergesekan, saat pengendara mengaktifkan tuas atau pedal.

Dikutip dari Astraworld, pengguna motor bekas sering mengeluh kampas rem belakang mereka kurang pakem, sehingga diasumsikan bahwa kampas sudah tipis. Padahal, jarak pergantiannya belum terlalu lama dan motor juga tidak digunakan untuk menempuh perjalanan jauh.

Biasanya, sebagian besar orang memilih untuk langsung mengganti kampas rem mereka dengan yang baru lagi. Tentunya, hal tersebut merupakan sebuah pemborosan yang akan membuat pengeluaran bulanan kamu membengkak.

Berita Terkait
hitlog-analytic