Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jangan Abai saat Naik Motor Matik, Begini Posisi Duduk yang Benar

Naik Motor Boncengan
Sumber :

100kpj – Meski skuter matik merupakan jenis kendaraan yang terlihat mudah dikendarai, namun tak sedikit pengendara yang belum memahami cara mengendarainya dengan benar, salah satunya mengenai posisi duduk.

Sayangnya, saat mengoperasikan skutik, pengendara tak bisa sekadar asal duduk. Selain bisa memicu kelelahan, posisi duduk yang salah juga bisa mengancam keselamatan, baik untuk diri sendiri maupun pengguna jalan lain.

Baca juga: Dampak Negatif Jika Motor Harian Dipakaikan Busi Racing

Lantas, bagaimana kira-kira posisi tubuh yang benar selama mengendarai skuter matik? Pertama dan yang terpenting, keseluruhan kaki harus berada di dalam dek, dan posisi lutut tidak boleh keluar dari sayap sepeda motor. Tujuannya, agar tak terjadi gesekan dengan kendaraan lain yang melintas dari arah kedua sisi.

“Jadi, posisi paha, lutut hingga kaki harus sejajar, dan disarankan tidak keluar dari bodi depan,” tulis laman Federal Oil, dikutip Senin 13 Juli 2020.

Wanita Naik Motor Matik

Selain itu, hal lain yang perlu diperhatikan ialah cara menggenggam stang kendali. Posisi lengan pengendara tidak boleh terlalu lurus, tetapi harus agak membengkok dan membentuk suatu sudut. Sebab dengan demikian, lengan bisa bertindak sebagai organ ayun atau suspensi saat melakukan pengereman.

Berita Terkait
hitlog-analytic