Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Trik Jitu Ngerem Mendadak Tanpa Ngesot, Pemotor Wajib Tahu

Jatuh dari Sepeda Motor
Sumber :

100kpj – Saat mengendarai sepeda motor, pengendara pasti pernah dihadapkan pada situasi darurat yang memaksa mereka melakukan pengeraman mendadak. Misalnya, ketika hendak menabrak kendaraan lain, atau melihat ada lobang di permukaan jalan.

Meski begitu, menghentikan motor secara mendadak bukannya tanpa risiko. Sebab, ban yang sedang berputar kencang bakal terkejut saat dihentikan tiba-tiba. Sehingga, kendaraan berpotensi ngesot dan mengancam keselamatan sang pengendara.

Baca juga: Biar Tak Lupa, Ini Alasan Mengapa Lampu Motor Wajib Nyala Siang Hari

Dilansir dari laman Suzuki Indonesia, Kamis 2 Juli 2020, agar hal tersebut tidak terjadi, Chief Instructor Safety Riding, Johanes Lucky mengatakan, trik pengereman mendadak harus dikuasai semua pemilik sepeda motor, baik itu yang berukuran kecil maupun besar.

Caranya mudah, pertama tutup gas dengan cepat, dan tarik rem depan hingga penuh. Dalam jeda sepersekian detik, langsung tekan rem bagian belakang. Lalu dalam situasi ini, pastikan kondisi motor dan posisi ban sedang lurus, tidak berbelok atau hendak menukik.

Jatuh dari Sepeda Motor

Inilah alasan mengapa Johanes melarang pengendara membiasakan kedua jari menempel di tuas rem depan saat sedang berkendara. Sebab, kala melakukan pengereman, secara spontan rem depan yang pertama ditekan, sedang tuas gas belum sepenuhnya dilepaskan. Tentu saja hal tersebut tak efektif, dan bisa memicu terjadinya kesotan.

Berita Terkait
hitlog-analytic