Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ingat Lagi, Benarkah Nyalakan Lampu Siang Hari Bikin Aki Motor Tekor?

Lampu motor menyala di siang hari
Sumber :

100kpj – Gugatan dua mahasiswa Universitas Kristen Indonesia atau UKI, Eliadu Hulu dan Ruben Saputra akhirnya ditolak Mahkamah Konstitusi. Keduanya mengajukan permohonan ke MK setelah diberhentikan polisi lantaran tak menyalakan lampu motor di siang hari. Padahal, perilaku yang sama pernah dilakukan Presiden Joko Widodo.

“(Kami) menolak permohonan para pemohon untuk seluruhnya,” ujar Ketua MK Anwar Usman melalui Youtube seperti dikutip 100KPJ, Jumat 26 Juni 2020.

Baca juga: MK Tolak Gugatan Mahasiswa UKI soal Nyalakan Lampu Motor di Siang Hari

Sebenarnya, di luar masalah itu, aturan mengenai kewajiban menyalakan lampu di siang hari mendapat tentangan dari banyak pihak. Sebab, dirasa percuma. Selain itu, ada juga yang beranggapan, terlalu sering menyalakan lampu, bisa membuat aki motor cepat tekor.

Naik Motor di Siang Hari dalam Kondisi Lampu Menyala

Asumsi mengenai aki cepat tekor saat lampu kendaraan dinyalakaan di siang hari, masih dipercaya hingga kini. Buruknya, pihak kepolisian hampir tak pernah memberikan sosialisasi terkait pandangan tersebut. Padahal, pengendara motor yang tak menyalakan lampu di siang hari, bisa terkena denda tilang. Lantas, bagaimana kebenarannya?

Dilansir dari laman resmi Suzuki Indonesia, Jumat 26 Juni 2020, nyatanya selama pengisian dari spull normal dan bagus, menyalakan lampu motor di siang hari tidak akan mempengaruhi ketahanan aki. Jika lampu motor mati, hal tersebut terjadi karena ketika menghidupkan mesin, sang pemilik langsung ke rpm atau idle  yang tinggi. Hal itu yang menyebabkan bohlam terputus.

Berita Terkait
hitlog-analytic