Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Motor Bercat Doff Haram Parkir di Tempat Panas, Begini Efeknya

PCX Merah Doff
Sumber :

100kpj – Selain model, saat ini sepeda motor tersedia melalui banyak pilihan warna. Salah satu yang belakangan banyak digemari konsumen adalah doff atau buram. Sebab, jenis kelir tersebut membuat tampilan kendaraan nampak lebih mewah dan elegan.

Kendati peminatnya banyak, namun kenyataannya cat doff memiliki entitas kepudaran dua kali lebih cepat dibandingkan cat berwarna metalik. Itulah mengapa, diperlukan perlakuan khusus terhadap kendaraan berlabur warna tersebut.

Baca juga: Kaget, Ini yang Terjadi Jika Oli Mesin Motor Manual Dipakai ke Matik

Hal yang perlu diperhatikan, ialah jangan memarkirkan motor tepat di bawah matahari. Kemudian, haram mencuci sekujur tubuh kendaraan menggunakan cairan pembersih berbahan detergen. Apabila masih dilakukan, jangan menyesal jika warna cat menjadi lebih kusam.

Selain itu, dilansir dari laman Federal Oil, Rabu 27 Mei 2020, cat doff secara umum tidak terlapis pernis, sehingga apabila pemilik salah dalam pemakaian bahan poles cat, maka permukaannya menjadi halus mengkilap dan tidak lagi doff.

Maka, agar warna doff di kendaraan tetap maksimal dan tak terlihat kusam, lakukan langkah yang berlawanan dengan tiga hal di atas. Pertama, selalu parkirkan sepeda motor di tempat teduh, bisa di ruang tertutup, ataupun tepat di bawah pepohonan rindang. Intinya, jangan sampai matahari menyorot langsung ke tubuh kendaraan.

Berita Terkait
hitlog-analytic