Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ingat, Jangan Langsung Jemur Helm yang Habis Dipakai Hujan-hujanan

Helm basah
Sumber :

100kpj – Saat mengendarai sepeda motor, seseorang dituntut mengenakan helm. Selain bisa melindungi kepala dari bahaya benturan, perangkat keamanan itu juga bisa ditujukan untuk melindungi kepala dari siraman air hujan.

Kendati helm merupakan perangkat wajib berkendara, namun tak semua orang mengerti betul cara merawatnya. Biasanya, setelah dipakai hujan-hujanan, sang pemilik langsung menjemurnya tanpa lebih dulu mencucinya. Padahal, kebiasaan tersebut keliru dan bisa mengakibatkan helm rusak.

helm

Dilansir dari laman resmi Suzuki, Jumat 8 Mei 2020, helm yang habis digunakan untuk basah-basahan, sebaiknya jangan langsung dijemur. Sang pemilik diwajibkan mencucinya terlebih dahulu, supaya tidak ditumbuhi jamur yang membuat usia helm menjadi lebih pendek.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Ini Cara Memilih dan Merawat Sarung Tangan

Selain itu, mengeringkan helm tanpa diawali dengan mencucinya, juga bisa memunculkan aroma tak sedap di bagian dalamnya, terutama kain busa yang mudah menyerap air. Imbasnya, saat dikenakan, rambut sang pemilik menjadi bau dan berakhir dengan gatal-gatal.

Padahal, mencuci helm bukan perkara yang rumit. Pertama, bersihkan dulu bagian busanya, pastikan tidak ada kotoran yang melekat di permukaan kainnya. Setelah itu, bersihkan seluruh bagian helm menggunakan air sabun. Tapi ingat, jangan yang mengandung detergen karena bisa merusak lapisan cat, dan menimbulkan baret di kaca.

Berita Terkait
hitlog-analytic