Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ciri-ciri Radiator Motor Bermasalah dan Cara Perawatannya

Mengisi radiator motor.
Sumber :
Ist

100kpj – Memang tak banyak kendaraan roda dua yang menggunakan radiotor, namun rata-rata motor dengan cc besar biasanya memilikinya. Fungsi radiator itu sendiri sebagai pendingin mesin.

Sebab motor yang memiliki kapasitas mesin besar, dapat menghasilkan panas berlebih yang mana nantinya akan diserap oleh cairan di dalam radiator atau disebut dengan radiator coolant.

Akan tetapi, banyak pemilik motor yang tak terlalu peduli dengan radiator. Padahal, jika bersamalah akan menimbulkan efek yang cukup besar bagi si kuda besi dan tentunya biaya.

Baca Juga:

5 TERPOPULER: Motor Antik Susi Pudjiastuti dan Mobil Mewah Rano Karno

Cicilan Rumah Iis Dahlia Rp250 Juta per Bulan, Gimana dengan Koleksi Mobilnya?

Andre Taulany Kaget Oplet Si Doel Jadi Kandang Ayam dan Cuma Dibeli Rp500 Ribu

Lalu apakah ciri-ciri radiator yang bermasalah atau akan rusak? Seperti dilansir dari Wahana Honda, Rabu 29 April 2020, contohnya air di dalam reservoir menjadi lebih cepat habis.

Sebab proses pendinginan di dalamnya tidak optimal dan mengakibatkan cairan mudah menguap. Sistem pendinginan yang kurang optimal tersebut juga dapat disebabkan oleh tutup radiator yang tidak rapat sehingga membuat ada udara yang masuk.

Selain itu, ciri-ciri radiator motor aus adalah terjadinya kerusakan pada bearing pompa yang akan menimbulkan bunyi seperti gesekan. Dan ketika bunyi tersebut semakin keras, maka itu tandanya seal pada pompa radiator jebol.

Berita Terkait
hitlog-analytic