Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Touring Lewat Tempat Gelap Rawan Kejahatan, Gimana Cara Antisipasinya?

Naik motor tempat gelap
Sumber :

100kpj – Saat sedang touring jarak jauh, para biker pasti bakal merasakan situasi berkendara malam melintasi kawasan atau rute yang minim cahaya.

Pada kondisi tersebut, tak jarang muncul kekhawatiran di benak para biker. Misalnya seperti, adanya pelaku kejahatan yang menyelinap diam-diam dan melakukan aksinya di tengah pekatnya gelap atau melakukan upaya pencegatan menggunakan senjata tajam. Lantas, bagaimana cara tepat mengantisipasi hal tersebut?

tips motor

Salah seorang pegiat motor adventure yang sudah banyak berkeliling dunia, Wisnu Guntoro atau karib disapa Gareng mengatakan, ada beberapa cara agar terhindar dari kejahatan saat melintas di jalanan yang sepi dan tak punya cukup penerangan. Paling penting, ialah menjaga kecepatan motor agar tetap stabil.

“Usahakan jangan lambat, tapi juga jangan terlalu kencang. Sebisa mungkin bikin motor supaya tetap stabil,” ujarnya saat berbincang dengan 100KPJ di bilangan Jakarta Selatan, belum lama ini.

Baca juga: Kaget, Begini Jadinya Jika Abaikan Kerikil yang Terselip di Alur Ban

Menurutnya, kecepatan motor yang stabil bisa membuat pengendara mudah melakukan hindaran ketika terjadi ‘serangan’ tiba-tiba. Selain itu, kata dia, motor yang tak terlalu pelan juga membuat sang biker lebih siap ketika ingin menambah kecepatannya guna melarikan diri.

Berita Terkait
hitlog-analytic