Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Agar Tak Celakai Orang, Ini 6 Tips Aman Belajar Menyetir Mobil

Ilustrasi Menyetir Mobil
Sumber :

100kpj – Bisa mengemudikan mobil memang cukup menyenangkan, karena Anda bisa bepergian dengan mudah. Namun, sebelum itu Anda harus bisa mengendarai dengan baik dahulu, maka itu belajar menyetir menjadi salah satu hal penting.

Sebelumnya, ada kasus pengendara yang salah menginjak pedal ketika belajar mengemudi. Akibatnya pun fatal, pengemudi menebrak seseorang hingga kehilangan nyawanya.

Baca Juga:
Tak Perlu SIM, Mobil Listrik Imut Rp85 Juta Ini Bisa Jadi Pilihan

Seri Pembuka MotoGP Qatar 2020 Resmi Batal karena Virus Corona

Pengemudi Toyota Rush yang Tewaskan Bumil Belum Punya SIM

Memang dalam berkendara harus memerlukan kewaspadaan, hati-hati dan konsentrasi penuh agar selamat saat mengemudi. Berikut cara aman belajar mengemudi yang dirangkum 100KPJ dari berbagai sumber.

1. Paham Fungsi
Tips pertama adalah memahami segala fungsi yang ada di dalam mobil. Sebaiknya Anda perhatikan baik-baik berbagai pedal yang terdapat di bawah, dari paling kanan ada pedal gas, lalu rem, dan pedal kopling (bagi mobil manual).

Lalu transmisi di bagi kiri tempat duduk, dan rem tangan. Begitu juga dengan tombol lampu sign, klakson, dan berbagai fitur lain.

2. Pilih Mobil
Bagi pemula disarankan untuk berlatih lebih dulu memakai mobil manual. Sebagai bentuk jaga-jaga dan melatih kemampuan, serta ke depannya bisa menyetir mobil manual maupun matic.

3. Tenang dan Perlahan
Ambil posisi duduk yang bikin Anda tenang dan nyaman. Kemudian, kendarai mobil secara perlahan saja lebih dulu serta memperhatikan area di sekitar kita.

4. Belajar Parkir
Anda juga harus bisa menguasai teknik memarkir mobil dengan baik. Untuk mobil manual gunakan gigi satu atau gigi mundur sesuai dengan kebutuhan atau posisi parkir. Sedangkan di matic, masukan gigi ke posisi D atau R, lalu injak gas dengan hati-hati.

5. Terus Menyetir
Bila Anda sudah bisa mengendarai mobil, terus lakukan agar kemampuan terus terasah dan terbiasa dengan segala situasi.

6. Ingat Rem
Ketika Anda gugup, bisa mengakibat hal yang fatal seperti tabrakan. Ingat ketika mobil sudah melaju terlalu cepat untuk menginjak rem secara perlahan agar laju mobil melambat. Pahami juga, posisi pedal rem.

Berita Terkait
hitlog-analytic