Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jangan Heran, Busi Bisa Mengetahui Kondisi Mesin

Busi sepeda motor.
Sumber :

100kpj – Busi adalah salah satu komponen penting pada sepeda motor, pasalnya busi punya peranan sangat vital dalam sistem pengapian pada mesin motor. 

Secara sederhana fungsi busi motor untuk mengubah tegangan listrik, yang disalurkan koil menjadi percikan api yang nantinya membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang mesin yang dikompresi kemudian menggerakkan mesin. Mesin membutuhkan busi untuk bergerak karena busi yang memercikkan campuran antara bahan bakar dan udara.

Karena tugas utama busi pada mesin bakar adalah menyulut ledakan yang sudah dikompresi di ruang bakar, makanya pemilik sepeda motor bisa mengetahui kondisi mesin motornya, dari kondisi busi.

Seperti yang dilansir dari laman resmi Federal Oil, jika kepala busi berwarna hitam, bisa dipastikan pembakaran yang terlalu kaya, atau bensin terlalu banyak. Dan jika disertai basah, maka telah terjadi kebocoran pada ring piston sehingga oli motor masuk ke ruang bakar.

Baca juga: Kebiasaan Salah Pemilik Motor pada Piringan dan Kaliper Cakram

Dan jika  kepala busi putih kekuningan, menunjukkan pembakaran yang terlalu miskin, atau bensin yang terlalu sedikit. Apalagi jika disertai sering mengalami overheat, maka sistem bahan bakar perlu disetel ulang. Segeralah bawa sepeda motor ke bengkel terpercaya untuk memperbaikinya, sebelum kerusakan menjalar ke komponen lain atau lebih parah.

Pada mesin sepeda motor modern yang mengandalkan banyak sensor untuk mengoptimalkan kerjanya, langkah pemeriksaan diatas pun bisa dilakukan untuk mengetahui kondisi pembakaran pada sepeda motor. Untuk lebih meyakinkan bahwa mesin motor bekerja secara optimal dan bisa segera membawanya ke bengkel jika disinyalir ada masalah melalui warna dari kepala busi.

Berita Terkait
hitlog-analytic