Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Begini Bahayanya Semprot Mesin Pakai Kompresor saat Ganti Oli

Proses ganti oli pada sepeda motor
Sumber :

100kpj – Ada salah satu kebiasaan yang acap dilakukan ketika tengah mengganti oli sepeda motor. Kebiasaan tersebut yakni menyemprot bagian mesin dengan angin bertekanan. Lakon ini dimaksud untuk membersihkan sisa oli di bagian mesin untuk turut keluar.

Namun alih-alih bersih, ternyata ada risiko buruk dari menyemprotkan ruang mesin dengan angin bertekanan. Perilaku tersebut tak disarankan karena membuat efek bahaya bagi mesin.

Dikutip situs Federal, Selasa 18 Februari 2020, kenapa bisa dianggap berbahaya lantaran angin yang dihasilkan dari kompresor mengandung air sehingga sangat berbahaya untuk komponen yang ada di dalam mesin.

Jika air yang masuk melalui angin kompresor dan mengendap di dalam mesin kemudian masuk ke dalam ruang bakar akibatnya bisa mengganggu kinerja pelumasan oli pada mesin.

Jika ada air yang masuk di dalam mesin, oli tidak bisa bekerja secara maksimal, beberapa komponen di dalam mesin rentan mengalami gesekan dan jika dibiarkan terus menerus, mesin akan cepat rusak.

Selain karena penggunaan angin kompresor, penggunaan oli yang tidak tepat juga bisa menyebabkan mesin motor cepat rusak, oleh karena itu Feders harus selektif dalam memilih oli mesin untuk motornya.

Bagaimana, masih mau menyemprot ruang mesin dengan angin kompresor?

Berita Terkait
hitlog-analytic