Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Begini Resikonya Kalau Tidak Merawat Motor saat Musim Hujan

Perawatan Motor Musim Hujan
Sumber :

100kpj – Langit mendung dan hujan deras sepertinya masih mungkin dirasakan oleh para pengendara motor di Indonesia dalam beberapa hari ke depan, di saat musim hujan seperti ini, perawatan motor sebaiknya diperhatikan lebih intensif.

Karena saat musim hujan motor lebih sering terkena air, tak hanya air hujan tapi air cipratan dari jalan yang kotor yang bisa saja berakibat buruk pada kendaraan jka tidak cepat-cepat dibersihkan.

Nah, makanya Honda Wahana dalam laman resminya menyarankan ketika sedang musim hujan seperti saat ini, para pemilik harus lebih rajin merawat motor agar terhindar dari resiko yang terjadi ketika motor terkena air hujan dan cipratan air hujan seperti:

Menjaga Dari Karat

Bahan bodi dan mesin motor yang material utamanya dari besi, jika terkena air secara menerus dalam waktu lama, bisa menjadi berkarat. Jika motor beberapa bagiannya sudah berkarat, maka kerusakan akan terjadi serta merusak penampilan motor.

Untuk menjaga agar motor bebas dari karat, selalu bersihkan motor setelah terkena air hujan. Sebisa mungkin jangan biarkan air hujan terus menempel di bagian motor. Tidak terlalu susah sebenarnya, anda tinggal mengelap bagian yang terkena air hujan dengan kanebo. Jaga agar bagian tersebut segera mungkin. 

Bagian yang paling mudah berkarat adalah rantai motor. Sebab, adanya air hujan akan melarutkan pelumas yang ada pada rantai. Dalam jangka waktu yang terus menerus, pelumas akan habis, rantai pun akan kering berkarat yang pada akhirnya membuat rantai bisa putus.

Berita Terkait
hitlog-analytic