Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ban Sepeda Motor Baru Langsung Digeber Terasa Licin, Mitos?

Ban motor.
Sumber :

100kpj – Ban merupakan komponen yang sangat penting pada sepeda motor, seperti diketahui bahwa ban memiliki empat fungsi pertama, sebagai penahan beban. Hal ini berkaitan erat dengan ukuran berat kendaaran bermotor yang memiliki beberapa komponen mulai dari beban beberapa komponen motor hingga beban para pengendarannya itu sendiri. Oleh karena itu, para pengendara dituntut untuk selalu memperhatikan tekanan udara yang ada dalam ban agar berfungsi dengan baik.

Fungsi yang kedua sebagai peredam, sebelum getaran atau guncangan yang diterima dari jalanan diredam oleh suspensi, terlebih dahulu getaran akan diredam dan selanjutnya akan diteruskan ke suspensi. Tekanan angin dalamnya pun ikut berpengaruh, maka dari itu sesuaikanlah standar tekananya.

Selain itu fungsi yang ketiga untuk penerus tenaga dari mesin, hal ini sangat erat kaitanya dengan kinerja traksi dan daya pengereman. Pattren atau batik (kembangan) pada suatu ban sangat berpengaruh, karena hal ini juga akan menentukan kualitas ban serta mempu mendukung perfoma motor ini untuk menjadi lebih tangguh dan lebih erat daya cengkram ban motor ini terhadap aspal.

Ban Motor Beda Merek

Sementara fungsi yang keempat untuk menentukan kontrol kemudi, yang sangat erat kaitanya dengan kemampuan kendaraan roda dua untuk melakukan manuver serta kestabilan dalam berkendara.

Karena fungsinya yang sangat penting bagi sepeda motor maka perlakuannya pun tidak boleh sembarangan, karena salah memperlakukan ban maka akibatnya akan fatal, bahkan bisa membuat malapetaka bagi pemilik motor.

Seperti perlakuan ban yang baru saja dibeli dari toko, ada yang bilang katanya ketika ban baru tersebut terpasang pengendara jangan langsung menggeber motornya, apakah itu mitos?

Berita Terkait
hitlog-analytic