Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tips Rawat Jok Motor Biar Enggak Gampang Pecah-pecah

Jok motor.
Sumber :
Ist

100kpj – Jok merupakan salah satu peranti penting di kendaraan yang patut diperhatikan kondisinya. Sebab peranti ini menjadi tolak ukur seberapa nyaman kendaraan digunakan.

Pada sepeda motor, umumnya jok dilapisi kulit demi kenyamanan. Dari sekian banyak jenis kulit, jenis sintesis lah yang paling rentan rusak. Umumnya, hanya bisa bertahan kurang dari empat tahun pemakaian.

Lantas, seperti apa merawat jok dengan kulit sintetis? Sebenarnya merawat kulit sintetis tidak sulit. Ini penting diperhatikan, jika tidak, kulit jok akan pecah-pecah dan akan jadi tempat rembesan air jika terkena hujan atau pasca mencuci motor.

Menurut laporan dikutip situs resmi Suzuki, Kamis 30 Januari 2020, Anda cukup memakai lotion khusus kulit jok motor yang saat ini sudah banyak dijual di pasaran. Anda hanya tinggal rutin mengoleskannya, setiap satu atau dua bulan sekali.

Lotion khusus jok motor ini diperlukan karena kulit sintetis mudah kering. Ketika ia sudah kering maka akan pecah-pecah. Pemakaian lotion dilakukan supaya kulit tetap lembab dan lentur sehingga tidak mudah retak atau pecah.

Anda juga harus tahu bahwa kulit sintetis butuh kelembaban supaya polyurethan-nya di dalamnya tidak kering. Polyurethan adalah sejenis karet yang biasa dipakai untuk dibuat menjadi bahan kulit sintetis.

Tidak beda dengan jok berbahan kulit sintetis, kulit asli, seperti dari kulit sapi dan domba, juga perlu dirawat dengan lotion. Pemberian pelembab ini disarankan supaya kondisinya tetap terjaga. Satu hal yang penting adalah jenis pelembab jangan yang sembarangan dan yang terbaik adalah mink oil. Mink oil adalah sejenis lemak, yang dibuat dari bahan hewani.

Berita Terkait
hitlog-analytic