Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Motor Injeksi, Putar Kunci Jangan Langsung Starter, Cepat Rusak!

Kunci Kontak Motor
Sumber :

100kpj – Banyak orang tentu mengetahui cara menghidupkan motor. Bukan cuma orang yang bisa mengendarainya saja, orang yang tak bisa mengendarai pun dapat dengan mudah tahu hal itu.

Sebab menghidupkan mesin sepeda motor memang bukan perkara yang sulit. Anda cukup masukan kunci kontak, lalu pencet tombol elektrik, dan motor pun akan langsung menyala. Andaipun elektrik starter rusak, Anda bisa menghidupkannya dengan cara menggunakan engkol alias kick starter. Namun hal itu sepertinya berbeda dengan saat ini.

Sebab tiap baru memutar kunci kontak, tidak bisa sembarangan langsung menghidupkan mesin sepeda motor. Anda harus menunggu dulu beberapa waktu sebelum menyalakan.



Ini berlaku pada motor jenis injeksi. Dalam panel instrumen motor injeksi, Anda bisa menemukan beberapa lampu indikator, speedometer, indikator bahan bakar, hingga sebuah lampu yang berwarna orange. Lampu ini (orange) biasanya akan langsung menyala saat kunci kontak di putar ke posisi ON.

Bukan lampu sembarangan, lampu berwarna orange ini berfungsi untuk membantu Anda mendeteksi apakah komponen injeksi dalam motor Anda baik-baik saja atau tidak.

Jika komponen injeksi dalam masalah, biasanya lampu ini akan memberikan kode tertentu berupa kedipan atau justru lampunya tidak mau mati. Durasi dan jumlah kedipan lampu ini berbeda sesuai dengan jenis kerusakan dan produk sepeda motornya.

Misal, jika muncul 7 kedipan saat motor dinyalakan, kemungkinan motor Anda mengalami masalah di bagian Engine Oli Temperatura atau Engine Coolent Temperature, sedangkan jika 8 kedipan yang muncul, bisa jadi masalahnya datang dari sensor Throttle Position.



Sedangkan jika komponen injeksi motor masih normal, lampu ini hanya akan menyala sebentar, kemudian mati. Nah, saat lampu indikator mati inilah Anda bisa mulai menghidupkan motor dengan menggunakan electric strater atau kick starter.

Makanya, biar bisa memahami arti kedipan dalam lampu indikator motor injeksi Anda, sebaiknya baca kembali tabel kedipan dan kode kerusakan pada buku panduan. Jika itu tidak dilakukan --hidupkan mesin langsung setelah putar kunci kontak, bukan tidak mungkin motor Anda bakal cepat rusak.

Baca Juga: Banyak Belum Tahu, Ada Mobil Mirip Mini Cooper Cuma Rp80 Jutaan

Berita Terkait
hitlog-analytic