Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Berhenti di Lampu Merah Jangan Sering Pakai Rem Tangan, Ini Efeknya

Ilustrasi Menyetir Mobil
Sumber :

100kpj – Ada satu kebiasaan yang acap dilakukan para pengendara mobil. Kebiasaan itu yakni acap menggunakan rem tangan saat berhenti di lampu merah.

Ternyata acap melakukan hal ini tidak disarankan. Sebab dari sisi keselamatan berkendara dapat mengganggu. Hal ini ditegaskan Sony Susmana, Trainer dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI).

"Memakai hand brake saat berhenti di lampu merah adalah keputusan yang kurang tepat. Karena justru membuat Anda jadi kurang waspada dengan kondisi sekitar," katanya seperti dikutip situs resmi Suzuki, Minggu 19 Januari 2020.

Ilustrasi setir mobil.


Sebab, kala menarik rem tangan, pengemudi di lampu merah acap memanfaatkan waktu kosong untuk bersantai, mulai dari mengecek ponsel dan sebagainya. Hal inilah yang berakibat pada berkurangnya konsentrasi berkendara, yang berakibat buruk.

Masalah lainnya, saat tuas hand brake aktif, mobil memang tidak bergerak. Tapi tetap berbahaya karena lampu rem dalam kondisi menyala. Jika seperti ini, pengguna jalan lainnya bisa salah sangka dan berisiko menyebabkan kecelakaan seperti mobil ditabrak atau bersenggolan.

Nah, solusi yang dikatakan dia adalah Anda harus terus fokus sambil menginjak pedal rem. Dengan begitu, mobil tidak akan melaju dan lampu rem pun menyala. Alhasil, pengguna jalan lainnya akan tahu jika Anda sedang melakukan pengereman.

Ilustrasi Takut Saat Ingin Menyetir Mobil


Selain itu, dengan posisi kaki yang tetap berada di pedal rem, Anda akan tetap waspada dengan kondisi sekitar, termasuk saat lampu hijau sudah menyala atau ketika ada pengemudi lainnya yang mencoba untuk menerobos ke depan dengan memanfaatkan ruang sempit --biasanya pengguna sepeda motor.
Berita Terkait
hitlog-analytic